LUWU UTARA, 12 April 2018 - Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tumou Tou Menado milik Kementerian Sosial RI menggelar kegiatan Penjangkauan Luar Panti/outreach untuk penyandang disabilitas netra di 11 kabupaten dan 7 provinsi yang jadi wilayah kerja PSBN.

Kegiatan outreach ini bertujuan untuk memberikan layanan kepada para penyandang disabilitas netra yang belum mendapatkan layanan rehabilitasi sosial didalam Panti yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 11-13 April 2018, dimulai di Kabupaten Luwu Utara, yang dibuka oleh Wakil Bupati Luwu Utara Muh. Thahar Rum SH.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Luwu Utara ini mengatakan bahwa penjangkauan ini merupakan langkah awal kerjasama antara Pemkab Luwu Utara dan PSBN dalam pelayanan Rehabilitasi Sosial bagi disabilitas netra diluar panti.

Berbagai keterampilan yang diajarkan dalam penjangkauan ini kedepan harus bisa diterapkan dan bermanfaat bagi para penyandang disabilitas netra dan bantuan sosial yang diberikan harus dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas kata Muh. Thahar Rum.

Sejumlah penyandang disabilitas netra yang mengikuti kegiatan penjangkauan ini mengatakan bahwa melalui kegiatan ini mereka dapat meningkatkan keterampilan yang dimiliki untuk menjadi bekal hidup mandiri dimasa yang akan datang.

Sementara bagi penyandang disabilitas netra yang sudah berkeluarga mengatakan bahwa bantuan ini menjadi penyemangat mereka untuk lebih maju dan berkembang.

“Kami sangat tertarik mengikuti kegiatan penjangkauan ini karna selain diberikan keterampilan kami juga diberikan bantuan modal pengembangan usaha,” kata Iwan, salah seorang yang masuk kategori usia produktif.

11 kabupaten yang menjadi sasaran program Penjangkauan Luar Panti ini antara lain Kota Samarinda, Panajam Paser Utara (Kaltim); Tolitoli (Sulteng); Mamuju Utara (Sulbar); Luwu Utara, Sinjai, Sidrap, Palopo, dan Takalar (Sulsel).

Untuk tiap daerah sasaran penjangkauan ini berjumlah 20 orang penyandang disabilitas netra dan masing-masing didampingi oleh 1 pendamping.(**)

Penulis Berita: 
OHH Rehsos
Fotografer: 
Dok. PSBN Toumoto M