Jakarta, 6/12/2017. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa membuka kegiatan Badiklitpensos Expose 2017 dengan secara simbolis membunyikan angklung. Mensos memberikan apresiasi  dan mendukung rangkaian kegiatan pameran, workshop, diseminasi hasi penelitian dan talkshow terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Badiklitpensos.

Mensos menyampaikan bahwa sudah lama memiliki cita-cita membangun pusat-pusat unggulan pelayanan kesejahteraan sosial. Hal yang tergambar saat ini adalah munculnya Pusat Unggulan Penanganan Fakir Miskin, Pusat Unggulan Data Terpadu dan Pusat Penelitian Pengembangan Pelayanan Sosial Anak. Bahwa Badiklitpensos ingin menjadi centre of excellence dan backbone kementerian, kiranya sejalan dan pastinya mendukung cita-cita besar tersebut. Dalam waktu dekat, groundbreaking  Pusat Penelitian Pengembangan Pelayanan Sosial Anak akan dilakukan.

Tema refleksi kinerja 2017 kiranya sangat tepat untuk melihat kembali berbagai pelayanan kesejahteraan sosial unggulan yang telah dilakukan terutama program dan kegiatan unggulan. Layanan Dukungan Psikososial (LDP) adalah salah satu program yang menjadi unggulan Kementerian Sosial. Layanan ini berjalan secara efektif untuk secara cepat memberikan dukungan kepada penyandang masalah kesejahteran sosial. Selanjutnya program ini perlu dukungan kelembagaan sehingga pelaksanaan program berjalan lebih baik lagi.

Badiklitpensos sangat mungkin menjadi center of excellence dan backbone kementerian. Beberapa waktu lalu, Badiklitpensos melalui Babes Litbang Yankesos Yogyakarta telah mempublikasikan hasil penelitian  terkini tentang kekerasan seksual anak terhadap anak. Inovasi dalam penelitian terwujud dalam sifatnya yang quick survey dan menghasilkan policy brief. Hasil penelitian ini secara cepat dapat menjadi sumber rujukan bagi unit teknis.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Badiklitpensos Edi Suharto menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan hasil pelaksaan program dan memacu pengembangan penyelenggaraan kesejahteraan sosial berbasis riset. Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 5 – 7 Desember 2017.

Kategori: 
Penulis Berita: 
lukas
Fotografer: 
lukas